Rabu, 21 Maret 2012

bahan bahan kimia dalam kehidupan sehari hari


BAHAN-BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Seiring perkembangan zaman dan Ilmu Pengetahuan danteknologi, semakin banyak industri yang menghasilkan barang yangdiproduksi untuk memenuhi kebutuhan kita. Mulai dari deterjen, sabun,sampo, pemutih, bahan pewangi, pembasmi serangga sampai pada bahan makanan dan bumbu masak yang kita komsumsi, hampir semuanya merupakan bahan kimia hasil industri. Diantara bahan-bahan kimia tersebut ada yang berbahaya atau bersifat racun, oleh karena itusangat penting untuk mengetahui jenis, sifat-sifat, kegunaan, seta bahaya dari setiap bahan-bahan kimia yang kita gunakan di rumah.

A.Pengertian dan Penggolongan Bahan Kimia
1.Pengertian Bahan KimiaSemua yang terdapat disekitar kita merupakan “materi” dansemua materi terdiri dari bahan kimia. Namun dalam kehidupansehari-hari kita sering menggunakan “materi” daripada “bahankimia”.Jika ditinjau dari asalnya, bahan kimia dapat dibagi kedalamdau golongan, yaitu:
a.
 Bahan kima alami,
yaitu bahan kimia yang terdapat di alam.Misalnya air, kayu, bawang, kunyit, dan lain-lain.
b.
 Bahan kimia sintesis,
atau bahan kimia buatan pabrik. Misalnyadeterjen, plastik, sampo, bahan pembasmi serangga, dan lain-lain.

Bahan kimia alami umumnya tidak menimbulkan masalah, baik bagi manusia maupun lingkungan. Sebaliknya bahan kimiasintesis dapat menimbulkan masalah. Masalah dapat terjadi karenaada beberapa bahan kimia yang bersifat racun, atau sukar teruraioleh mikroorganisme, sehingga limbahnya mencemari lingkungan.2.Penggolongan Bahan Kimia di RumahBerbagai jenis bahan kimia yang kita gunakan dirumah dapatdikelompokkan berdasarkan penggunaannya yaitu :a.Bahan pembersih b.Bahan pemutihc.Bahan pewangid.Bahan pembasmi serangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar